Selamat datang di www.kuliah-online.com
Introduction Page
 
 

Berikut ini Question and Answer untuk KuliahOnline.


Apa sih KuliahOnline?
KuliahOnline adalah kegiatan belajar mengajar yang insya Allah langsung di bawah asuhan Ustadz Yusuf Mansur. Sekitar 75% materi ditulis dan diajar langsung oleh Yusuf Mansur, kecuali beberapa materi seperti kuliah kedokteran populer, fiqh ibadah, fiqh perempuan. Ini semacam “Universitas Yusuf Mansur” yang diselenggarakan secara maya (Online).
 
Berupa paper saja kah (tulisan)?
Insya Allah tidak hanya tulisan. Tapi ia juga berupa audio dan video. Insya Allah.
 
Setiap materi/modul, berlangsung berapa lama perkuliahannya?
Rata-rata plus minusnya 30-40x pertemuan.
 
Belajar apa saja di KuliahOnline ini?
Umumnya belajar tentang kehidupan. Belajar tentang keyakinan dari pembelajaran kehidupan sehari-hari. Belajar tauhid, iman, kepasrahan, keikhlasan menjalani hidup. Belajar pula tentang amalan-amalan dan ibadah sehari-hari. Sampe belajar tentang pengembangan diri, pengembangan pengetahuan, pengembangan wawasan, hingga ke pengembangan karir dan bisnis. Modul-modul di KuliahOnline insya Allah akan bergerak dan berkembang dinamis.
 
Apakah orang/lembaga/perusahaan, bisa memesan modul tertentu yang di luar modul KuliahOnline?
Insya Allah bisa. Kami siapkan dengan izin Allah. Seperti bicara loyalitas, integritas, bagi perusahaan, di mana seluruh karyawan/karyawatinya lalu mengikuti KuliahOnline, bahkan langsung dari gadgetnya masing-masing: HP, Ipad, BB, milis internet, sehingga menjadi semacam pelatihan buat institusi yang bekerjasama dengan KuliahOnline (ComingSoon, insya Allah).
 
Kabarnya KuliahOnline ini dirilis Ustadz Yusuf Mansur untuk menghindari ceramah?
Bukan. Bukan untuk menghindari ceramah. Namun dengan KuliahOnline ini, Ustadz Yusuf Mansur bisa mengajar lintaswaktu dan lintastempat, melebihi keterbatasan waktu dan fisik. Mengutip apa yang disampaikan oleh Ustadz Yusuf Mansur, untuk mengajar amalan apa saja yang bisa dilakukan perempuan ketika haidh, tidak perlu jalan dari satu majlis ke majlis yang lain. Cukup dibuat artikelnya, audionya, videonya, lalu kawan-kawan Onliners bisa mengikuti pembelajaran tentang amalan-amalan tersebut. Bahkan ketika sudah mengikuti, bisa membuat majlis-majlisnya sendiri, melalui sebaran paper, audio, dan video yang sudah didownload, untuk diajarkan ke kawan-kawan di majlis tersebut, tanpa perlu menunggu Yusuf Mansur datang.
 
Bisa mandiri ya?
Diharapkan begitu. Sekalian menggerakkan secara masif. Ustadz Yusuf Mansur banyak kisah inspiratif membangun usaha, memperbanyak rizki, baik dari sisi amalan sedekah, Qur’an, maupun dari sisi konten keilmuan komprehensif (multi-ilmu). Hal-hal sederhana, namun membangkitkan, bisa dishare ke banyak lagi kalangan melalui KuliahOnline. Tidak harus selalu dengan fisik. Ada kisah-kisah orang lepas dari hutangnya setelah melewati 40 hari riyadhah. Untuk menyampaikan apa itu riyadhah, bagaimana riyadhahnya, apa saja yang dilakukan dalam masa 40 hari itu, bid’ah atau tidak, di-online-kan sebagai modul-modul kuliah. Malahan akan jauh lebih komprehensif/lengkap.
 
Kenapa tidak dishare secara gratis saja?
Yang dishare secara gratis pun banyak. Melalui TV terutama. Juga buku, FB, Twitter, dll. Namun di tengah ketidakterbatasannya, ada pula keterbatasannya. Semua saling melengkapi. Di KuliahOnline ini juga diajarkan tanggung jawab  terhadap ilmu. Baik dalam proses mencarinya, sampe kemudian tugas menyebarkannya. Semua onliners, dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan, justru dituntut untuk menyebarkan konten KuliahOnline. Pada akhirnya, akan menyebar juga, tapi menyebar dengan tanggung jawab. Sebab terkadang juga, seliweran informasi gratis, menjadi sampah yang tidak diperhatikan oleh yang diberi. Di KuliahOnline misalnya ada prinsip: ajak-rawat-uswatun hasanah. Setelah dapat materi tentang A misalnya, ajak orang lain untuk melakukan. Kasih materi-materinya ke orang tersebut. Namun rawat. Jangan hanya diajak. Sekedar ditanya, visit, dan hal-hal yang sepatutnya. Contoh detail. Tentang dhuha. Share artikel tentang dhuha, ajak jalan si Fulan tersebut, misalnya hari sabtu, sarapan yang agak jauh. Lalu sengajakan diri mampir ke masjid untuk dhuha. Saudara onliners, dhuha. Memberi contoh. Ini namanya uswatun hasanah. Otomatis biasanya si Fulan tersebut akan ikut dhuha. Sepanjang perjalanan, perdengarkan rekaman audio tentang dhuha. Pas pulang sarapan, titipkan kopian video tentang dhuha. Lalu sesekali tanya, “Udah dhuha, Mas?”. Nah ini yang disebut dengan “tanggung jawab”. Kami memperhatikan, informasi bebas di dunia internet, tidak akan didapat totalitasnya, kecuali dengan – di antaranya – menyiapkan dan menyediakan wadahnya dan komunitasnya. KuliahOnline mudah-mudahan bisa melengkapi.
 
Iya. Penyebaran lewat TV kenapa ga diperbanyak?
Itu dia. Acara TV pun perlu Offair. Untuk mendekatkan pemirsa dengan apa yang ingin dicapai lewat TV. Tidak dibiarkan. Dan masya Allah, tidak ada “daya paksa”, dan dorongan mental/perilaku, agar pemirsa bisa disiplin. Semua jadi bebas. Termasuk pemirsa bebas, kadang ikut, kadang engga. KuliahOnline ada tahapan yang sebisa mungkin membuat pesertanya mengikuti dengan seksama sampe selesai. Subhaanallaah, mudah-mudahan jalan sesuai izin-Nya. Dan satu lagi, TV ga bisa pula distel sesuka yang punya acara. Sebab TV nya bukan punya yang punya acara. Jam tayang, hari tayang, diatur TV. Macam acara Wisatahati ANTV. Ga bisa distel lagi jam 7 pagi setelah selesai acara di jam 05.30. Tapi dengan media Online, bukan hanya distel ulang kapan saja, tapi ada pembahasan lebih lanjut. Alhamdulillaah kita sekarang udah merilis DaquTV, DaquMobile, SantriTahfidzOnline. Alhamdulillaah dah. Semua dilengkapi Allah untuk kepentingan dakwah zaman ini.
 
Setiap materi dimungkinkan di ke depan hari akan dibukukan. Pertanyaannya, kenapa masih mesti ikut online? Contoh: Kayak materi Kuliah Tauhid di Kuliah Dasar. Itu kan udah ada bukunya?
Kelebihannya buku, atau versi cetak, dia bisa dibaca kapan saja, dan langsung selesai. Ga perlu download-download lagi. Peserta KuliahOnline bisa langsung menikmati Kuliah OffClassnya, sekaligus pendampingan reguler ketika mengikuti KuliahOnline. Tetapi pemegang buku, belum tentu. Termasuk audio dan video yang tidak mungkin ada di versi cetak. Dan ini berlaku untuk semua judul. Bukan hanya Kuliah Tauhid. Anggap saja, Saudara yang mengikuti versi online memang harus punya buku pegangan, ya yang versi cetaknya itu. Sekaligus sebagai ajang silaturahim; silaturahim biasa, sampe silaturahim spesial; jodoh, pekerjaan, karir, kesempatan bisnis, temu-usaha, dan lain-lain.
 
Kebijakan biaya berubah ya?
Untuk 2012 ini ada perubahan sedikit. Peserta tetap diwajibkan mengambil Kuliah Dasar. Dan Kuliah Dasar pun bertambah. Bukan hanya Kuliah Tauhid. Tapi ada 7 materi lain selain Kuliah Tauhid. Jadi total 8 materi. Ibarat kuliah, ini kuliah 2 semester, he he he. Semacam Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU), he he he. Biaya mengikuti Kuliah Dasar ini berubah menjadi Rp. 200.000,-, sekaligus itu sebagai biaya registrasi menjadi Mahasiswa KuliahOnline. Belum termasuk kartu mahasiswa. Kartu mahasiswa dikenakan lagi biaya sebesar Rp. 25.000. Adapun yang dulunya ada bonus free 2 modul tambahan, baik di Kuliah Pilihan atau di Kuliah Solusi Terapan, untuk 2012, bonus ini dihilangkan. Mahasiswa yang ingin mengambil Kuliah Pilihan dan Kuliah Solusi Terapan, membayar lagi biaya per modulnya. Biaya per modul baik di Kuliah Pilihan dan Kuliah Solusi: Rp. 100.000,- (per modul).
 
Untuk yang sudah lebih dahulu mendaftar? Sebelom kebijakan baru ini digulirkan?
Untuk mahasiswa yang terdaftar sebelom tanggal 1 Juli, maka bonus tetap diberikan sesuai 2 modul yang dipilihnya. Tapi untuk mahasiswa angkatan baru, yang mendaftar mulai tanggal 1 Juli 2012, tidak lagi mendapat bonus tersebut, berikut perubahan biaya per modulnya menjadi 100rb/modul.
 
Untuk OfflineClass, apakah ada biaya tambahan lagi?
Bisa ada, bisa engga. Disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah. Get pas nya, atau tiket masuknya, tetap keikutsertaan menjadi mahasiswa KuliahOnline. Jadi tidak bisa orang yang punya duit bisa maen ikut Kuliah OfflineClass, tanpa dia mengikuti KuliahOnline.
 

Jadwal kuliah gimana? Ada perubahan ga?

Dilihat jadwal yang baru.
 
Khusus untuk Modul baru “Semua Bisa Jadi Pengusaha”, beda biayanya?
Ya. Beda. Rp. 1 Juta. Special Class. Untuk Modul “Semua Bisa Jadi Pengusaha”, dijadikan materi utama Sekolah Bisnis Online Yusuf Mansur. (SBO-YM).
 
Semua Bisa Jadi Pemimpin? Special Class juga? Biayanya?
Ya. Special Class juga. Biayanya Rp. 1 juta. “Semua Bisa Jadi Pemimpin”, dijadikan materi utama Sekolah Pimpinan Online Yusuf Mansur. (SPO-YM). Tapi Semua Bisa Jadi Pemimpin ini menjadi bonus buat yang mengambil modul SBO-YM.
 
Ada ga registrasi paket? Di mana bayar sekian rupiah, bisa dapat semua modul? Atau bisa ikut semua modul?
Mulai 1 Juli 2012, ditiadakan harga paket. Biaya registrasi yang dikenakan, hanya sejumlah modul sesuai dengan yang diambil saja. Misal, Saudara ikut 2 Kuliah Pilihan dan 2 Kuliah Solusi Terapan, maka biaya yang dikenakan 400rb rupiah. Penambahan modul dikenakan biaya normal 100rb/modul. Tapi yang mengambil harga paket, diberlakukan apa yang sudah dijanjikan pada saat pengambilan paket.
 
Bagaimana dengan Membership e-Miracle?
Termasuk harga paket Membership Miracle, ditiadakan. Kecuali membership Miracle yang sudah mendaftar menjadi anggota Miracle sebelom tanggal 1 Juli 2012.
 

 
   
 
www.kuliah-Online.com